Selasa, 24 Januari 2017

Perbedaan Asset Tracking dan Inventory Tracking


Penggunaan barcode sebagai cara yang efektif bagi pelacakan fisik aset atau inventory (barang persediaan) diterapkan di berbagai perusahaan. Software atau aplikasi untuk barcode membantu proses tracking (pelacakan/penelusuran) lebih cepat, mengurangi error dalam kebutuhan pelacakan fisik aset atau inventory.

Walaupun sama-sama menggunakan barcode dalam proses tracking, terdapat perbedaan antara Asset Tracking dan Inventory Tracking yaitu: Item/benda jenis apa yang di track, pelaporan informasi apa yang diunduh dan siapa penggunanya. Tentunya hal ini akan membantu para pengguna sesuai dengan kebutuhannya.

Asset Tracking
Mengacu pada penelusuran aktiva tetap atau aset fisik (physical checking) yaitu harta berwujud, dimiliki dan digunakan oleh perusahaan atau organisasi untuk keperluan produktif dan memiliki umur ekonomis yang panjang, contohnya piranti komputer kantor, furnitur kantor dan mesin-mesin pendukung jalannya sebuah organisasi.
Dengan didukung barcode label, barcode scanner dan asset management software untuk aktiva tetap, asset tracking akan membantu penelusuran aktiva tetap untuk mencatat aset-aset yang dimiliki, mengetahui lokasi aset, penyusutan nilai (depresiasi) dan informasi lainnya dengan mudah.

Inventory Tracking
Yang disebut inventory atau inventaris adalah bahan baku atau pendukung proses kerja/produksi yang habis pakai atau stok barang (barang yang disediakan untuk memenuhi permintaan dari pelanggan). Inventory dan aset fisik sama-sama digolongkan sebagai aset (harta), perbedaanya inventory digolongkan sebagai aktiva lancar (current assets) yang hanya dapat dipakai satu atau beberapa kali dalam proses dan mempunyai umur ekonomis pendek. Contohnya: Kas, perlengkapan kantor dan persediaan barang dagang.
Inventory tracking menggunakan barcode label, barcode scanner dan software inventory tracking system untuk pendataan stok barang. Informasi barcode label pada inventory tracking memuat SKU (Stock Keeping Unit) yang ditempel pada stok barang.

Seringkali anda kebingungan saat mencari solusi tracking yang tepat bagi usaha anda, apakah anda membutuhkan Asset Tracking atau Inventory Tracking? Untuk menghemat waktu anda dalam mengambil keputusan, inilah perbedaan kedua tracking system diatas:


ASSET TRACKING
INVENTORY TRACKING
Jenis Barang
Harta Tetap: Kendaraan, furnitur, komputer
Barang habis pakai: barang dagang, bahan baku.
Kegunaan
Pendataan aset perusahaan untuk laporan keuangan, pajak, harta dan kebutuhan audit
Pendataan stok barang untuk mengetahui jumlah barang di gudang.
Jenis Label
Label/sticker dengan material tahan lama
Biasanya bukan label/stiker tahan lama
Transaksi
Penambahan aset, perpindahan aset, penyusutan aset
Barang masuk, barang keluar, stok persediaan barang
Pengguna
Asset manager, General Affair
Warehouse manager, stock keeper


hello@activo.co.id
+62-21-2933 9528

1 komentar:

  1. This idea is mind blowing. I think everyone should know such information like you have described on this post. Thank you for sharing this explanation.Your final conclusion was good. We are sowing seeds and need to be patiently wait till it blossoms.
    Asset Management Software
    Asset Tracking Software
    Asset Management Software India
    Asset Management Software Chennai

    BalasHapus